Media Daring
Indeks

Jenis Pengobatan Tradisional yang Masih Eksis

Pada negara berkembang seperti indonesia masih sangat kental dengan pengobatan tradisional. Seperti kita ketahui, hingga kini masih terdapat dua jenis pengobatan yang di percayai yaitu medis dan non medis.

Untuk pengobatan non medis salah satunya adalah pengobatan dengan terapi bekam. Saat ini ada beberapa pengobatan tradisional yang masih eksis.

Berikut ini beberapa pengobatan tradisional yang sampai saat ini masih dipercaya manjur oleh masyarakat.

5 Jenis Pengobatan Tradisional yang Masih Eksis

1. Bekam

Bekam merupakan metode yang sangat populer di dalam agama islam. Cara kerja bekam yaitu mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh dengan cara ditusuk menggunakan jarum steril dan dibantu di sedot dengan alat.

Sampai sekarang pengobatan tradisional bekam dipercayai dapat mencegah dan mengobati penyakit darah tinggi dan stroke. Saat ini metode bekam juga sudah mengalami perkembangan dan praktis.

2. Akupuntur

Pengobatan tradisional akupuntur juga menggunakan tusukan jarum di beberapa lokasi pada tubuh yang berfungsi untuk memperbaiki sistem peredaran darah dan saraf

Akupuntur merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari Negara Tiongkok. Jenis pengobatan tradisional sudah mempunyai usia ribuan tahun.

3. Gurah

Gurah merupakan pengobatan tradisional asli Indonesia. Pengobatan ini sudah mempunyai usia ratusan tahun lamanya. Fungsi dari terapi gurah untuk mengeluarkan lendir di saluran pernapasan dari tenggorokan hingga paru-paru.

Gurah digunakan untuk mengobati sinus atau pilek akut. Selain itu, gurah juga di percaya bisa memperkuat pernapasan bagi penyanyi dan atlet.

4. Kerokan

Kerokan merupakan pengobatan tradisional yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat karena dipercaya dapat menyembuhkan masuk angin dan kembung.

Selain itu, sensasi dari kerokan juga dianggap bisa membuat tubuh rileks dan menghilangkan pegal linu.

5. Refleksi

Refleksi di lakukan dengan cara memijat beberapa titik pada kaki, tangan dan tubuh guna memperlancar peredaran darah dan sistem saraf.

Manfaat refleksi di percaya dapat meredakan kembali pikiran yang sedang stress.

Itulah beberapa jenis pengobatan tradisional yang masih eksis hingga saat ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.